Thursday, March 21, 2013

Kompetensi yang Diharapkan dari Pendidikan Kewarganegaraan

Diposkan oleh Resha Fauziah di 11:08 PM

Kompetensi dapat diartikan sebagai seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seseorang agar dirinya mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tertentu.

Kompetensi lulusan Pendidikan Kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab dari seorang warga negara dalam hubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menerapkan konsep falsafah bangsa, wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional.

Dalam konteks di atas, cerdas yang dimaksud tampak pada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan bertindak, sedangkan sifat bertanggung jawab tampak pada kebenaran tindakan, dilihat dari nilai ilmu pengetahuan dan teknologi, etika maupun kepatuhan ajaran agama dan budaya.

Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, warga negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negara secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Keberhasilan dalam Pendidikan Kewarganegaraan akan menumbuhkan sikap mental yang cerdas dan penuh tanggung jawab. Sikap tersebut disertai dengan perilaku yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghayati nilai-nilai falsafah bangsa; berbudi pekerti luhur, disiplin dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; rasional, dinamis dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara; bersifat profesional yang dijiwai oleh kesardaran Bela Negara; serta aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.

0 komentar:

Post a Comment

 

Resha Fauziah 's Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea